Tuesday, July 30, 2013

Posted by KY on 8:11 PM 3 comments



JAMBU AIR
Syzygium malaccense 
Jambu Jamaica/Jambu Bol/Jambu Dersono (Yogyakarta)/Eugenia Malaccensis


Artikel : KY
Sumber : tunggutoko.blogspot.com
Gambar : pribadi + si eyang kakung Gugel


Soreeee frens! ^ ^


Jambu air. Semua pasti dah tahu buah yang banyak terdapat dimana-mana. Tapi nyari yang manis, beuhhh nggak gampang juga.

Hari ini aku pengen ngobrol tentang buah tropis ini. Kenapa aku bahas tentang jambu?

Pertama, karena temen aku yang rumahnya berjarak dua rumah dari rumahku ngirim hasil petikan buah tanaman dia. Ini :






Yak! Jambu Bol, panggilannya. alias Jambu Jamaica/Jambu Dersono (Yogyakarta)/Eugenia Malaccensis kata bule.

Jambu bol ini nggak gampang didapatkan, di daerahku, untung mama Ara mau berbagi ^ ^, tks sist!

Aku dah cobain, rasanya asam manis. Tekstur dagingnya empuk seperti makan es busa jaman doeloe ^ ^

Yang berbeda lagi frens, jambu bol ini WANGI BUNGA MAWAR! No kidding! Ciyus lho!

Ini, artikel tentang jambu ini, aku copas dari tetangga ^ ^

***

Alhamdulillah, panen ketiga jambu jamaica di belakang toko, pertama kali dua tahun yang lalu cuma 1 biji thok til, setahun kemudian 3 biji pula tapi semua dengan ukuran yang cukup mengesankan untuk sebuah jambu air, dan sekarang ini sekitar 250 biji ,  merah ranum....cuantik dan semua tak ada yang terserang hama  Dari beberapa jambu air yang pernah kutemui biasanya rentan dengan ulat yang bersarang dalam buah segarnya tapi jambu jamaica ini bener-bener sulum..... Diawali dengan bunga warna pink segar yang merekah penuh disetiap dahan, kemudian menjadi jambu baby yang berwarna hijau mungil-mungil. Dan akhirnya menjadi jambu jamaica  yang cukup besar untuk ukuran jambu air, merah ranum dan aroma ....sedikit wangi  yang cukup khas.
 Perkembangan buah ini terasa cepat sekali, asal sudah sebesar jambu pada umumnya yang masih tampak hijau , maka kita akan dapatkan jambu ini menjadi semakin besar dan semakin merah. Bagi yang suka rasa sedikit asam dan kriuk-kriuk maka jambu yang berwarna merah tua bisa kita pilih untuk di petik. namun untuk maksimalnya jambu akan terasa lebih manis dengan tekstur daging yang lebih lembut setelah jambu berwarna merah gelap kehitaman.

Perlu diperhatikan, untuk jambu yang sudah mencapai warna gelap ini akan semakin mudah gugur dari tangkai. Maka untuk lebih aman bibrongsong aja kali ya.  Nama ilmiah jambu bol  Syzygium malaccense .Untuk jambu jamaica apa ya... saat ini ternyata harga jualnya  masih mahal, bibit sekitar 100 rb sedang buahnya 15.000 sampe 30.000 ,yang besar paling isi 4 biji 



***

Cukup jelas kan artikelnya? ^^ Nyinggung masalah Jambu air, nih sekedar penyejuk mata yang lama dah lama nggak makan jambu air.


Rasanya asem, pernah liat dipake untuk rujak, baik rujak uleg maupun rujak  bebeg.

Agak bingung nih, pernah dapet yang manis, pernah dapet yang asem. 
Pernah liat dipake untuk rujak uleg.

Idem kayak diatas ^ ^


Asemmmm weeeeek, pernah liat di rujak bebeg.

Pernah coba, manis. dimakan biasa ok, dirujak apalagi...hehehe

Jarang nemuin jambu air putih. yang model begini pernah coba, tawar.

Ini kayaknya putih juga, ga begitu manis....

Hmm, kayaknya agak manis deh....jarang dapetin. 
In yang banyak dijual dalam kemasan di supermarket. Lumayan manis.



Nah yang ini manis nih, wanginya khas pulak ^^ 



Kalau gambar nyang ini frens, WOW liat UKURANNYA! - repeat - liat UKURANNYA! Jiah!







Punya poon jambu yang lebat begini di tiap tangkai? mauuuuu! ^ ^



Ada yang nggak mudeng rujak bebeg? nih, semua bahan rujak ditumbuk dalam lumpang kayu kecil. bunyinya Bheug! bheug! bheug!

Kalo ini sih rujak uleg biasa...slurrp...bikin pedes bang!





Bunga Jambu air ternyata cantik lho!
NIh :




 Thats all, kalo ada yang pengen aku  ngebahas tentang sesuatu, just let me know frens! ^ ^

KY-29072013
(iambleeding)


Reactions:

Kode smiley buat komen


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t   :u   :v   :w   :x   :y   :z   :))   :)]   ;))   ;;)   ;)   :((   :)   :(   =((   :-*   :|   ~x   :-t   b-(   :-L   x(   :-q   =))   :-j   :-p   :@   :-a   :-y   :-  

+ comments + 3 comments

July 31, 2013 at 8:44 AM

bahas aku...aku...akuuuuu
tunjuk tangan

Makasih meyke AD buat Komennya @ JAMBU AIR - Jambu Jamaica/Jambu Bol/Jambu Dersono (Yogyakarta)
July 31, 2013 at 10:11 AM

Stttt!! Maaf pembaca, ini adik saya belum minum obat, jadi rada rada kumat...permisiiii....

*cup cup! Udah....mau dibahas apanya?? Pan nanti ada tentang reinkarnasi? Kurang? Bahas apaan??? Hah?! #plak! Sopan ya! Masa masalah berat badan ogut yg mankin nambah mau dijadiin konsumsi publik???

April 8, 2014 at 9:33 AM

maaf mau tanya apakh skrng masih ada buah -ny kah???

saya mau beli..

terima kasih.

karn buah jamaika ini bagus untuk ibu hamil

Makasih Pemrograman Java buat Komennya @ JAMBU AIR - Jambu Jamaica/Jambu Bol/Jambu Dersono (Yogyakarta)

Post a Comment